Laman

Rabu, 01 Oktober 2014

#D3 Keperawatan

Jurusan D3 Keperawatan UMM masuk didalam Fakultas Ilmu Kesehatan yang berada di kampus II beralamat di Jalan Bendungan Sutami No.188 A 65145 Malang. Jurusan D3 keperawatan UMM diketuai oleh ketua program studi yaitu Ibu Reni Ilmiasih,S.Kep,M.Kep .Jurusan D3 keperawatan memiliki beban Studi minimal 110 sks dan maksimal 160 sks,dan masa studi minimal 6 semester dan maksimal 10 semester. Jurusan keperawatan ini memiliki mata kuliah yang menarik anatara lain : KDM I & II, komunikasi dalam keperawatan, dokumentasi keperawatan, promosi kesehatan, Keperawatan medikal bedah I & II, Keperawatan Jiwa I, Keperawatan Anak I, Keperawatan maternitas I,Keperawatan Komunta I, Laboratorium ketrampilan keperawatan, Keperawatan gawat darurat,Anatomi Fisiologi.Biofisika,Biokimia,Keperawatan gerontik,Keperawatan keluarga,Mikrobiologi,Parasitologi,KDK, Etika keperawatan Islam,Patologi dan Kepemimpinan & Manajemen Keperawatan.
Di dalam keperawatan kita mempunyai konsep keperawatan yaitu bentuk pelayanan kesehatan yang bersifat profesional dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia ( biologis, psikologis, sosial dan spiritual ) yang dapat ditunjukkan kepada individu,keluarga,atau masyarakat dalam rentang sehat-sakit.
Perkembangan keperawatan sangat berkembang dengan pesat.Apalagi sekarang sangat banyak membutuhkan ahli medis untuk bekerja di instasi kesehatan. Keperawatan di Indonesia sendiri berkembang sejak sebelum kemerdekaan  saat penjajahan Belanda . Saat itu perawat disebut dengan penjaga orang sakit atau zieken oppaser yang saat itu bekerja di rumah sakit Binnen Hospital Jakarta tahun 1799.
Di dalam dunia keperawatan kita mempunyai tokoh-tokoh keperawatan  dunia dan islam. Misalnya tokoh keperawatan dunia : Florence Nightingale,Betty Neuman,Maria Sewall Gardner,Faye Glenn Abdellah. Tokoh keperawatan Islam Misalnya : Rufaidah Al-asalmiya (Rufaidah binti Sa’ad), Ummu Umaroh r.a ( Nusaibat binti ka’ab bin Maziniyat), Ku’ayibat, Aminah binti Abi qays Al ghifari,Ummu Atiayh Al – an sariyat.(Sumber : http://nurseumi2010.blogspot.com/2011/04/biografi-tokoh-keperawatan-dunia.html )
Keunnggulan keperawatan sendiri sangat banyak misalnya : kita mempelajari struktur tubuh manusia mualai dari sel sampai sistem organ,mempelajari tentang kebutuhan dasar manusia,mempelajari tentang konsep dasar keperawatan,kode etik perawat,dll . Dalam keperawatan kita sebagai seorang perawat harus memiliki sifat sabar,ikhlas, bertanggung jawab,dan yang terpenting kita tidak boleh jijik kepada apapun. Menjadi perawat itu tidak mudah banyak sekali tantangan dan pembelajaran yang harus kita kuasai dengan baik.
(Sumber : tania ayu aretusa dan  data dari http://nurseumi2010.blogspot.com/2011/04/biografi-tokoh-keperawatan-dunia.html )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar